Jumat, 09 Desember 2011

Ayo Beritahu Anak Anda, Makna Natal Sesungguhnya!


Desember telah datang kembali dengan segudang kegiatan dan persiapan menjelang hari raya yang banyak dinantikan setiap orang untuk kembali berkumpul bersama keluarga. Tentu banyak dari kita orangtua yang harus menghadapi berbagai permintaan bahkan pertanyaan seputar Natal oleh anak-anak kita yang sedang bertumbuh.
Agar tiap pengertian yang anda berikan kepada mereka dapat dimengerti dan mudah dipahami, ada beberapa langkah sederhana untuk dilakukan. Sehingga makna Natal yang sesungguhnya akan mereka ketahui.
- Hal utama yang harus diberitahu adalah, ceritakan dengan lengkap bahwa Natal adalah hari dimana Tuhan Yesus turun ke bumi dan dilahirkan. Bacakan juga ayat demi ayat yang terdapat di Alkitab mengenai kelahiran Yesus dengan bahasa yang mudah mereka pahami.
- Beritahu mereka bahwa kelahiran Yesus adalah bukti cinta kasih Tuhan kepada Manusia. Cinta kasih itu dapat dianalogikan sebagai “Hadiah Spesial”. Ajarkan kepada mereka bahwa Natal adalah saat dimana setiap orang berbagi kasih sayang.
- Hindari kegiatan dan kesibukan di saat menjelang Natal, sehingga anak tidak merasa kesepian dan akan terus mengingat bahwa Natal merupakan hari yang berkesan dan tidak terlupakan.
- Libatkan anak dalam setiap kegiatan jelang Natal, seperti membuat kue, menuliskan kartu ucapan, rencana liburan, memasang pohon terang ataupun baksos yang biasanya dilakukan gereja anda.
- Terakhir beritahu mereka bahwa Natal adalah hari dimana semua orang mengucap syukur atas kemurahan Tuhan. Pancarkan rasa syukur itu kepada anak. Sehingga mereka akan melihat bahwa Natal adalah hari yang penuh ucapan syukur.

Sumber : Jawaban.com - niel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar