Senin, 21 November 2011

Proses Menuju Pendewasaan Anak itu PENTING !!!

Ibu A  : " Susah ya punya anak cewek, jagainnya repot..,kudu hati2 jaman sekarang anak cewek lebih susah dari anak cowok."

Ibu B : " Saya sih gak ya, anak cowok repot...,anak cewek gw sih nurut. Adem..,kalem..,anak cowok gw yang susah dibilangin."

Ibu C : " Saya si ngerasa sama aja ya, cowok maupun cewek, syukurlah kayaknya sama-sama nurut lah anak saya."

Ngurusin n ngebesarin anak itu gampang-gampang susah.
Ada yang bilang gampang ada juga yang bilang susah.
Ada yang bilang lebih gampang ngurusin anak cewek, ada yang bilang lebih gampang ngurusin anak cowok.
Ada juga yang bilang gampang ngurusin dua-duanya atau sebaliknya.

Kita gak pernah tahu bakal jadi apa anak kita saat remaja atau besar nanti, cewek ataupun cowok sama saja.
Tapi jadi seperti apa mereka nanti saat remaja sebenarnya ditentukan oleh saat yang mereka alami waktu proses peremajaan itu.


( Nih ada ilustrasi yang bagus from my mom ^_^)
Ngebesarin anak itu seperti saat kita melihat sebuah tanaman, kebetulan yang dipake di sini tanaman jeruk kunci di belakang rumah nyokap ^_^
Waktu tanaman itu berbunga, gak berapa lama kita melihat dia menjadi bakal buah yang kecil............ sekali.
Bakal buah itu  lalu  menjadi buah kecil......sekali.
Proses buah itu menjadi besar terasa lama sekali (makanya tiap kali ke rumah mama, saya selalu nanyaiin kok buahnya gak gede-gede ya ma,ha3..gk sabar)
Bahkan udah gedepun matangnya itu lama sekali.

Seperti itulah membesarkan anak. (my mom said)
Mesti sabar..,rawat dengan kasih.
Jangan mengharapkan anakmu cepat-cepat besar, matang dan menghasilkan.
Ada proses yang harus dijalani untuk menjadikan dia besar dan matang.
Sama seperti tanaman jeruk tadi, jika tidak dirawat dengan baik, bisa jadi bunganya gugur dan tidak menjadi buah. Atau buah tersebut tidak sempat menjadi matang lalu jatuh dan gugur.
Sabarlah...,sabar.......
Hasil memang penting, tetapi....
Proses (waktu) untuk tumbuh menjadi dewasa bagi seorang anak itulah yang terpenting.
Jangan berharap untuk mempercepat waktunya.
Saat - saat itulah kita harus menjadi dekat dengan anak kita, menjadi temannya, menjadi orang tua baginya, dan yang terpenting menjadi pembimbing rohani yang baik baginya.

Sehingga anak kita dapat tumbuh dengan benar dan matang pada waktunya.

Teman-teman..,bukan berarti saya sudah berhasil membesarkan anak saya dengan baik.
Belum... ^_^
Perjalanan saya baru saja dimulai, saya sedang berusaha menjadi orangtua yang baik, saya berharap dan berdoa agar anak saya dapat tumbuh menjadi anak yang baik, takut akan Tuhan.
Saya baru saja memulai proses ini..,bagaimana dengan teman-teman?


Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya,
maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.
(Amsal 22 : 6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar