Rabu, 12 Januari 2011

Sup untuk balita yang sedang sakit

Pada saat balita sakit, biasanya nafsu makannya cenderung menurun. Oleh karena itu, berikan sup yang lengkap dengan gizinya. Dalam sup tersebut harus mengandung sumber karbohidrat
(seperti : kentang, nasi, makaroni, pasta, mi) dan protein (seperti : daging, ayam,ikan). Sebaiknya jangan diberi bumbu yang beraroma tajam.

Sajikan sup yang bergizi lengkap ini selagi hangat dan dalam porsi kecil tetapi sering agar mudah dikonsumsi. Jangan biarkan anak menolak makan atau tanpa memberinya makanan pengganti. Selain itu, usahakan untuk memberinya buah dalam bentuk jus supay mudah ditelan.

Bagi balita yang susah menelan, haluskan sup beserta sayuran dan daging dengan menggunakan blender, kemudian suapkan pada anak secara perlahan. Dengan kesabaran dan usaha, anak bisa menikmati makanan yang disiapkan ibunya. Makan yang teratur akan mempercepat penyembuhan. Dan jangan lupa minum obat yang disarankan dari dokter juga ^_^

Sesuai pedoman hidup sehat, dianjurkan untuk makan seimbang. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan akan mengurangi asupan lemak yang berlebihan. Manfaat sayuran bukan hanya memberi vitamin dan mineral tetapi juga sebagai antioksidan di dalam tubuh guna menghindarkan resiko penyakit bagi balita.

Sayuran hijau dengan hijau alami merupakan makanan sehat yang bisa melawan kanker, penyakit jantung. Banyak jenis sayuran seperti :
  • kubis/kol
  • brokoli
  • kembang kol
  • bayam
  • oyong, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar