Sabtu, 03 Desember 2011

Normal atau Caesar ??


Hi teman-teman, tulisan ini dibuat karena terinspirasi dari cerita sepupuku si Aling
(ha3..,bukan si Aling dalam Laskar Pelangi ya).

Beginilah ceritanya…
Si Aling tinggal di Jakarta, dan kemarin waktu dia pulang ke Bangka, kita sempat ngobrol.
Sekarang si Aling sedang hamil 5 bulan (selamet ya, moga bayinya sehat, ibunya sehat, lahirannya berjalan lancar). Singkat kata, beginilah pembicaraan kita waktu itu yang menginspirasi buat nulis tentang Normal atau Caesar ini dan tulisan seputar kehamilan lainnya.

Me (daku/gw/saya) :   “Ling, ntar lahiran normal atau Caesar?”
Aling                       :  “ Belum tahu, gw sih pengennya normal aja,  tapi blum tahu deh,lihat nanti “
Me                          :  “Kalo dokternya bilang apa?”
Aling                      :  ” Gw sih bilang ke dokter. Gw pengennya normal. Trus gw tanyaiin, kalo lahiran   normal apa resikonya, kalo lahiran Caesar apa resikonya?”
Me                          : “ Trus dokternya bilang apa?”
Aling                       : “ Dokternya bilang kalo lahiran normal banyak resikonya, kalo lahiran Caesar hampir gak ada resikonya”. Intinya dokternya nyaranin operasi Caesar aja.

Wih…,ini dia yang bikin  kurang sreg sama jawaban dokter ini. 
Si Aling kan kandungannya baik-baik aja,.
Baiknya kan si dokter jelasin yang sebetul-betulnya resiko dari kedua-duanya. Padahal normal sama Caesar itu masing-masing kan ada resikonya. Dokternya terlalu mengagung-agungkan Caesar. Seakan-akan kalo Caesar gak ada resiko dan normal itu bua…nyak… resikonya. Bukannya kasih penjelasan yang baik, kayak gini misalnya :
kalo memungkinkan normal  bisa normal, tapi kalo gak memungkinkan baru Caesar dengan resiko bla..bla…bla…(gitu dok... jelasin yang bener atuh dok ^_^)

Kalo saya percaya, segala jalan yang diberikan Tuhan itu pasti kita sanggup menjalaninya. 
Asalkan kita bersandar sama Tuhan dan percaya.
Soalnya melahirkan itu kan suatu proses yang alami. Tuhan juga sudah persiapkan tubuh kita dengan baik agar sanggup menghadapinya. 

Kalo ditanya mau Caesar apa normal? Saya lebih memilih normal jika tidak ada masalah pada kandungan saya. Karena memang itulah jalannya, yang alami, yang sudah ditentukan Tuhan buat ngelahirin. Kecuali ada indikasi tertentu sama bayi atau ibunya, sehingga mengharuskan operasi Caesar.

Yang jelas kalo semuanya baik-baik aja, percaya deh kamu pasti mampu ^_^ saya percaya semua perempuan pasti mampu melahirkan normal ^_^
Yah.., kecuali ada kasus tertentu kalau bayinya sungsang, atau mengalami plasenta previa atau bayinya kelilit tali pusar, atau kasus-kasus lainnya. Lu memang kudu ngambil jalan operasi nih.

But… If everything is fine…, Lahiran Normal itu yang terbaik.
This is my opinion, I don’t know what u think guys… That’s your choice.

Apapun pilihanmu, Saya berharap semoga semuanya berjalan lancar ya dan jangan lupa persiapkan diri secara mental maupun fisik serta berdoa ^_^ 

Special thanks to : Aling (my pren, my chingin ^_^ GBU )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar